Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x
Keindahan Bawah Laut Lampung
Description 1
Sunset yang sunggung menawan
Description 2
Landscape yang begitu menenangkan
Description 3

Gedong Tataan, Pringsewu dan Kota Agung merupakan ibu kota kabupaten Tanggamus. Kota kota tersebut terletak di jalur transit bagi pengendara yang akan menuju Pesisir Barat, Krui, Liwa dan Bengkulu melalui jalur pesisir barat. Ada beberapa titik kunjungan ya ng perlu diketahui bila sekali waktu melewati jalur ini.

 

MUSEUM SEJARAH TRANSMIGRASI
Terletak 26 km dari Bandar Lampung pada jalur Bandar Lampung – Kota Agung – Krui. Gedong Tataan merupakan lokasi transmigrasi/ kolonialisasi pertama pada masa Kolonial Belanda. Pemindahan/ transmigrasi pertama kali berlangsung pada tahun 1905, asal penduduk yang ditransmigrasikan berasal dari Desa Begelen, Keresidenan Kedu - Jawa Tengah. Lokasi awal pemukiman dapat dijumpai dan kini menjadi kompleks kompi senapan TNI di tengah Kota Gedong Tataan. Sebuah Gedung megah didirikan sebagai Museum Transmigrasi satu-satunya di Indonesia berisi catatan sejarah, diorama dan peralatan kebutuhan ketransmigrasian. Kedepan, sedang diusahakan upaya melengkapi rekaman sejarah migrasi terbesar di nusantara ini.


GOA MARIA PADANG BULAN
Terletak di Pringsewu (km 42) Lampung, arah barat kota Bandar Lampung atau sekitar 3 km dari Pringsewu arah Kab. Tanggamus. Rumah Retret La Verna, Fax.(0729) 21788. Peresmian 19 Agustus 1984. Penginapan : di lokasi ada rumah Retret La Verna yang dikelola Suster-suster Fransiskanes dari Santo Gregorius, Martir( FSGM).


WISATA ALAM GUNUNG TANGGAMUS
Gunung Tanggamus dengan ketinggian 2102 Meter adalah sebuah Gunung yang tidak aktif terletak di Kabupaten Tanggamus Lampung. Sebuah Rawa yang dikenal dengan Rawa Kabawok terletak di atas gunung sehingga menarik untuk wisata minat khusus Pendakian gunung. Area di sekitar Kota Gisting terletak di Kaki gunung dan berhawa sejuk. Tersedia Fasilitas hotel dan rumah makan di sekitar Pasar Gisting dan Gisting Bawah.


MAKAM KYAI GHOLIB
Kyai Gholib merupakan seorang ulama dan pejuang pada masa perjuangan melawan penjajahan Belanda. Beliau mendirikan pesantren yang berjarak sekitar 15 menit dari kota Pringsewu ke arah Kecamatan Pulau Panggung. Beliau dimakamkan tidak jauh dari pesantren yang berliau dirikan. Selain sebagai tempat pendidikan keagamaan, tempat ini juga biasa dikunjungi oleh para peziarah.

BENDUNGAN BATU TEGI
Bendungan atau dam ini terletak di kawasan pegunungan di kaki Gunung Tanggamus dan dataran tinggi serta hamparan luas perkebunan kopi rakyat. Di atas bendungan adalah jalan beraspal yang cukup lebar sekitar 10 meter lengkap dengan trotoar, pot bunga, lampu jalan dan pagar pembatas.Selain fungsinya sebagai PLTA dan irigasi, juga dimanfaatkan sebagai objek wisata. Mengingat pemandangannya yang begitu bagus dan indah, bendungan itu memang cukup besar yaitu menyatukan dua bukit yang cukup tinggi dan air yang menggenang menengelamkan bukit-bukit kecil yang terletak di sebelah hulu bendungan.
Pengunjung juga dapat pula menyewa perahu mereka untuk sekedar berkeliling danau atau memancing sambil menikmati pesona alam yang begitu indah dan sejuk Jika beruntung, berbagai jenis ikan tawar dapat dibeli, antara lain baung, gabus, patin, dan sebagainya, yang merupakan tangkapan penduduk sekitar dengan perahu motor yang kerap sandar pada dermaga Apung, dua sampai empat kali sehari.
Kawasan bendungan Batu Tegi lebih tepatnya berada di dekat pusat kota kecamatan Talang Padang, dengan sebagian besar penduduknya merupakan etnis Semendo (Sumatera Selatan) yang telah menetap di wilayah ini sejak dahulu.
Akses menuju tempat ini melalui kota Talang Padang kurang lebih 30 km kearah utara. Atraksi wisata yang dapat dinikmati berperahu, memancing dan menikmati keindahan alam pegunungan yang beriklim cukup sejuk.


AIR TERJUN WAY LALAN
Air Terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya lebih kurang 200 meter. Sumber air berasal dari aliran Way Lalaan yang terletak di lembah kaki gunung Tanggamus dan aliran sungainya bermuara di Teluk Semaka. Dibuat jalur tangga semen menuju lembah air terjun, untuk memperoleh panorama air terjun yang sangat indah. fasilitas yang tersedia berupa shelter, kamar ganti pakaian, arena bermain anak, dan pelataran parkir.
Dapat dicapai dari Bandar Lampung – Kota Agung sekitar dua jam perjalanan, 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Tanggamus, 85 km dari Bandar Lampung.


PANTAI TERBAYA
Pantai Terbaya terletak sekitar 1 kilometer sebelum memasuki Kota Agung dari arah Pringsewu. Sayangnya ombak di pantai tersebut kurang bersahabat sebagai tempat mandi laut, apalagi banyak batuan di sepanjang pantainya, sehingga kurang nyaman sebagai tempatberjalan kaki. Untuk mencapai bibir pantai dari ketinggian tempat parkir kendaraan, harus menuruni banyak anak tangga dan tampaknya tidak sesuai untuk pengunjung yang sudah berumur. Kira-kira berjarak 3 kilometer dari pantai Terbaya, anda dapat mampir ke air terjun Way Lalaan, dan tentu saja harus menuruni banyak anak tangga lagi untuk mencapai tepi sungai.
Ketinggian air terjun sekitar 10-an meter dengan debit air yang relatif kecil. Tidak jauh dari pintu masuk dan arah berseberangan, merupakan jalan masuk utama ke komplek perkantoran kabupaten Tanggamus, yang dibangun diatas tanah bukit yang dipapas di tengah bekas hutan. Dari sini anda dapat memandang ke arah laut teluk Semangka jika cuaca cerah dan tidak berkabut.

WAY GELANG

Rentang garis pantai yang melengkung bergabung dengan kaki Tanggamus yang Gunung di wilayah ini perairan kabupaten, memiliki banyak potensi sebagai objek wisata maritim. Meskipun tidak dikelola optimal Namun, beberapa pantai menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh lokal dan wisatawan asing Way Gelang beberapa di antara mereka ini kecoklatan berpasir pesisir memilkii sekitar 5km

KOTA AGUNG DAN SEKITARNYA
Kota Agung adalah Ibukota Kabupaten Tanggamus. Letak kota yang berada kaki Gunung Tanggamus dan di sisi pantai Teluk Semaka menjadikan tempat menarik untuk disinggahi. Dari catatan administrasi kolonial, Belanda telah datang di Kota agung sejak tahun 1889. Banyak destinasi objek wisata di kota kecil ini, antara lain Pantai Terbaya, Pelabuhan Kota Agung, Taman Kota, Islamic Center, kuliner dan oleh-oleh.

SUOH - SPECIAL INTEREST
Geotrek dengan potensi panas bumi yang luar biasa menjanjikan wisata petualangan cukup menantang, menembus jalan tanah berlumpur menyebrangi way semaka diakhiri dengan panorama dari danau lebar, danau belibis dan danau asam,

  1. Pasir Kuning - Suoh Lampung Barat
    Nah kalo yang ini namanya wisata Pasir Kuning yang letaknya berada dikawasan wisata suoh lampung barat. tepatnya berbatsan langsung dengan danau asam selain wisata-wisata yang lain yang ada disuoh wisata ini pula wajib anda kunjungi karena wisata pasir kuning ini juga tidak kalah indahnya dengan wisata wisata lain yang ada di kawasan wisata suoh.
  2. Keramikan - Suoh Lampung barat
    Wisata Keramikan ini letaknya berada di kaki bukit gunung ratu, tepatnya berdekatan dengan danau belibis. wisata keramikan ini juga sangat ramai dikunjungi selain karena pemandangannya indah juga berbeda dengan wisata -wisata lainnya, wisata keramikan suoh ini adalah berupa lahar yang mengeras sehingga membentuk seperti semen di wisata ini juga terdapat air panas.
  3. Danau Lebar - Suoh Lampung barat
    Danau lebar suoh adalah danau yang letaknya ada dikawasan wisata suoh dan letaknyapun berada di pinggir jalan yang menghubungkan pekon gunung ratu dengan pekon suka marga suoh lampung barat selain indah wisata danau lebar ini adalah danau paling luas dari ke dua danau yang juga ada dikawasan ini. Selain digunakan untuk tempat rekreasi wisata danau lebar suoh ini juga banayak digunakan para nelayan untuk mencari ikan di danau ini karena memang danau ini juga terkenal akan banyaknya ikannya.


Bagaimana menuju ke sana :
Lembah Suoh dapat dicapai dari Kuncoro ( 15 Km dari Kota Agung ) dengan sepeda motor trial atau kendaraan 4 wheel drive. Jalur lainnya adalah dari Kabupaten Lampung Barat.

Kalender Events 2017

Kalender Pariwisata Lampung 2016

 

Destination Map

Map Link

 

WISATA UNGGULAN

  • AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    Terletak di pekon Sukamaju Ulu Belu, Tanggamus. Mulai ramai didatangi oleh anak-anak muda......

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    Tahura Wan Abdul Rahman (luas: 22.249,31 ha) meliputi wilayah Kecamatan Gedong Tataan, Way Lima,......

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    Di Lampung Barat yang kaya akan pemandangan indah, ada Bukit Geredai. Dari puncak bukit tersebut......

    Danau Ranau

    Danau Ranau

    Danau Ranau merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera, terletak di...

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung meninjau pengembangan objek pariwisata......

    Krui dan Tanjung Setia

    Krui dan Tanjung Setia

    Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Krui dan Tanjung Setia ditujukan pada...

    Menara Siger

    Menara Siger

    Menara Siger sebagai landmark/simbol penanda bagi Provinsi Lampung yang...

    Monumen Krakatau

    Monumen Krakatau

    Monumen peringatan meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883,...

    Museum Lampung

    Museum Lampung

    Terletak di Jl. Z.A. Pagaralam 5 Bandar Lampung (5.7km dari pusat kota),...

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun terletak 9 km atau sekitar 45 menit dari pusat kota, menawarkan keindahan...

    Pulau Pisang yang Cantik nan Eksotis

    Resort Bumi Kedaton

    Resort Bumi Kedaton

    Nuansa Hijau Perkampungan dengan panorama perbukitan terletak di kampung batu putuk...

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Lampung Barat tak hanya punya panorama alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)...

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Pugung Raharjo ditemukan pada tahun 1957. Luas area sekitar 30 hektar ,...

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Kawasan ini merupakan Taman Nasional terbesar ke-3 di Pulau Sumatera dengan luas...

    Taman Nasional Way Kambas

    Taman Nasional Way Kambas

    Merupakan suaka alam dataran rendah dengan luas kurang lebih 126.000 hektar....

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Kawasan pariwisata ini terletak di daerah Sukadanaham, Tanjung karang Barat,...

    Teluk Kiluan

    Teluk Kiluan

    Teluk ini terletak di Kabupaten Tangamus merupakan sebuah teluk dengan potensi wisata bahari....

  • GALERI
  • TOP DESTINATION
  • Pulau Pisang Pesisir Barat Pulau Pisang merupakan pulau wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pulau Pisang memiliki luas daratan 148,82Ha. Secara Geografis pulau pisang terletak pada kooedinat 5’ &’...
    Pulau Pisang Pesisir Barat
  • Jelajah Pulau Pisang Pulau Pisang (Banana Island) adalah pulau yang indah dengan pantainya dikelilingi pasir putih. Pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Pesisir Utara Krui Pugung Tampak, Lampung Barat. Sebuah...
    Read more...
    Jelajah Pulau Pisang
  • Jelajah Suoh Lampung Barat Geotrek dengan potensi panas bumi yang luar biasa menjanjikan wisata petualangan yang cukup menantang, menembus jalan tanah,menyebrangi way semaka diakhiri dengan panorama dari Danau Lebar,...
    Read more...
    Jelajah Suoh Lampung Barat
  • BERITA TERKINI
  • JALUR WISATA
  • HUT KODIM II/ SRIWIJAYA KE- 70

    Kegiatan Festival layang - layang  dan Rekor muri Pempek terpanjang dalam Rangka Menyambut Hut Kodim II/ Sriwijaya ke - 70 Tahun 2016, Kepala DInas PAriwisata dan Ekonomi Kreatif yang mewakili Gubernur Lampung (Ir, CHOIRIA PANDARITA, MM)...

  • "TOUR KRAKATAU" LAMPUNG FESTIVAL KRAKATAU XXVII TAHUN 2017

      10 Syarat Peserta Tour Krakatau LKF 2017 Persyaratan Dasar Peserta Tour Krakatau LKF 2017 : 1. Berusia minimal 18 tahun 2. Sehat jasmani dan rohani  3. Tidak memiliki riwayat penyakit berat 4. Tidak memiliki riwayat penyakit menahun 5. Bisa berenang 6....

  • AKSI SAPTA PESONA

    Aksi Sapta Pesona Lokasi Pantai Minang Rua Mendukung sektor pariwisata kabupaten lampung selatan. maka kita menggagas kegiatan aksi Sapta pesona di Objek Wisata Pantai Minang Rua Kalianda, Lampung selatan kegiatan tersebut berisikan acara bersih...

  • AKSI SAPTA PESONA (BERSIH-BERSIH PANTAI) DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG

    Aksi bersih bersih Pantai yang dilakukan pada Tanggal 23 Mei 2017 merupakan bagian dari Acara Aksi Sapta Pesona yang merupakan Program dari Kementrian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Hadir pada Acara tersebut, Kepala Dinas...

  • AUDENSI GUBERNUR LAMPUNG DENGAN MENTERI PARIWISATA RI

    Audiensi Gubernur Lampung dan Menteri Pariwisata RI difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Hotel Indonesia pada tanggal 26 Januari 2016 pukul 13.00wib. Turut hadir mendampingi Gubernur Lampung...

  • AUDIENSI IBU GUBERNUR DENGAN CALON PUTERI INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG 2016

    Audensi Ketua PKK Provinsi Lampung/ Ibu Gubernur Lampung (Yustin Ridho Ficardo) dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung (ir. Choiria Pandarita, MM) dengan Puteri Lampung yang akan mengikuti ajang Pemilihan Puteri Indonesia...

  • AUDIENSI STP BANDUNG DENGAN GUBERNUR LAMPUNG

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Ibu Choiria Pandarita, MM melakukan percepatan pembangunan kepariwisataan Lampung dengan bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Hadir langsung Ketua STP...

  • Ayo Dukung Muli Mekhanai 2015 Favoritmu

    Peserta Muli Mekhanai Provinsi Lampung 2015

  • BAKTI SOSIAL CALON PUTERI INDONESIA 2016 PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG

    Calon Puteri Indonesia 2016 perwakilan dari Provinsi Lampung (Felicia) dan Wakil Walikota Bandar Lampung terpilih (Yusuf Kohar) di dampingi Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung,  mengadakan Acara Bakti Sosial pada...

  • Bimbingan Teknis Penyuluh Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Pariwisata Tahun 2015

    Pembangunan Kepariwisataan diarahkan untuk ewujudkan prinsip pembangunan inklusif sebagaimana amanah dari sila kelima Pancasila yakni mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan kepariwisataan merupakan integrasi antara...

Facebook

Copyright © 2016 www.pariwisatalampung.com. All Rights Reserved.
Support and Unix Themes by Firefliesweb Design