Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x
Keindahan Bawah Laut Lampung
Description 1
Sunset yang sunggung menawan
Description 2
Landscape yang begitu menenangkan
Description 3

GULAI GABIN

Gabing

Gulai gabin berbahan dasar umbut  kelapa muda atau pucuk kelapa muda. Untuk membuat Gulai Gabin digunakan pucuk muda atau umbut dari pohon kelapa yang kurang produktif lagi, karena apabila diambil umbutnya maka pohon itu akan mati. Gulai Gabing dimasak santan seperti sayur lainnya yang menjadi unik dari sayur ini adalah bahan utamanya adalah pucuk daun kelapa atau umbut. Sayur Gabing atau umbut ini bercita rasa manis gurih.

 

SELIMPOK

Selimpok

Selimpok adalah panganan ringan berbahan dasar beras ketan putih yang dikukus dibungkus daun pisang, dalam cita rasa ketan putih biasa dicampur dengan pisang atau labu atau beras ketan hanya di campur gula merah, selimpok banyak terdapat di daerah Lampung Selatan.Clip Image002

 

Clip Image004

SULAM USUS

Su4Su3Sulamusus

Sejarah Singkat :

Sulam Usus adalah salah satu dari sulaman/tenunan khas daerah lampung, warisan nenek moyang. Mengapa disebut sulam usus ? karena bentuk dari sulamannya seperti usus, maka disebut dan dikenal sebagai sulam usus. Sulaman ini awalnya hanya diketahui sebagai penutup dada (bebe) yaitu perangkat dalam pakaian tradisional pengantin wanita adat Lampung. Selain itu juga kerap dibuat sebagai taplak meja atau sarung bantal.Sulam Usus (seperti halnya juga kain tapis) pada umumnya dikerjakan oleh anak-anak gadis maupun ibu-ibu rumah tangga di kampung-kampung untuk mengisi waktu luang mereka. Semacam keterampilan yang wajib dikuasai oleh perempuan Lampung pada jaman dahulu.Proses pembuatannya sendiri masih handmade atau kerajinan tangan. Dari sehelai kain (dasar) yang dipotong menyerong  dan dijahit menyerupai usus, setelah itu ditempelkan dan di jelujur diatas kertas yang telah dipola dan digambar motif, selanjutnya disulam perpola kemudian disambungkan, lalu dilepaskan jelujurnya dan jadilah sepotong baju nan cantik.Dalam perkembangannya, motif sulam usus tak hanya sekedar garis-garis/lurus saja, tapi juga telah banyak kreatifitas yang cantik dan unik. Saat ini menjadi perajin sulam usus telah menjadi mata pencaharian di daerah Lampung yang dapat menyerap tenaga kerja.

Guru Budaya/Maestro :

Nama               : AAN IBRAHIM

                          CV.Aan Ibrahim Brothers

Alamat             : Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjungkarang Timur

 

Deskripsi Singkat :

Berawal dari bebe (sejenis penutup dada) yang biasa dipakai pengantin wanita Lampung atau muli Lampung pada acara adat atau seremonial pemerintah, Aan sangat tertarik dengan keunikan sulamannya selintas seperti usus ayam. Ketika melihat penari di suatu pesta memakai bebe sulam usus, timbul inspirasi untuk membuat baju dari sulaman usus. Hal pertama yang timbul dari benak Aan adalah menggantikan kebaya berukat yang dipakai pengantin wanita Lampung, menjadi kebaya sulaman usus.  Setelah cukup lama berekperimen, akhirnya Aan mendapatkan suatu format untuk membuat kebaya sulam usus. Aan Ibrahim lah yang mempopulerkan kerajinan sulam usus ini sekitar tahun 1995, ia berpikir sulam usus pasti bisa diaplikasikan menjadi sesuatu yang lebih baik lagi, berdaya guna dan bernilai jual tinggi. Setahun kemudian Aan mulai memamerkan baju-baju sulam usus pada fashion show di Jakarta. Dalam show di hotel Borobudur, baju-baju sulam usus Aan Ibrahim dikira produk bordir. Menurut Aan Ibrahim dengan terus memproduksi dan melakukan inovasi secara berkala, itu sudah merupakan bagian dari pelestarian itu sendiri, dengan sendirinya berkembang melalui proses belajar yang dilakukan terus menerus.

Clip Image010 Clip Image012Clip Image014Clip Image016Clip Image018

SERUIT

Sr1Sr2

Sejarah Singkat :

Seruit adalah semacam sambal hasil perpaduan antara tempoyak durian, sambal terasi dan pindang ikan ditambah sedikit air jeruk. Masyarakat menyebutnya dengan sebutan nyeruit (makan bersama-sama teman, saudara atau keluarga). Filosofi dari kata-kata nyeruit, itu berarti suata ajakan yang memiliki nilai kebersamaan yang kuat dengan keluarga, teman-teman atau saudara sehingga akan terasa lebih dekat. Itu semua diturunkan dari nenek moyang hingga kini ke generasi penerusnya pun masih tetap menjadikannya suatu tradisi yang sangat melekat pada masyarakat setempat.Diawali dari kesukaan warga masyarakat Lampung pada umumnya, yang menginginkan selalu tersaji makanan segar, pedas, dan ada lalapannya ketika makan. Lahirlah makanan seruit yang secara turun temurun selalu hadir dalam satu tradisi makan bersama. Rasanya belum lengkap apabila makan tidak dengan sambal seruit.Bahan-bahan untuk membuat seruit adalah sambal terasi yang sudah jadi, tempoyak durian, pindang ikan, dan sedikit air. Proses pembuatannya pun sangat mudah dan cepat. Diawali dengan menyiapkan sebuah mangkuk, memasukan sambal terasi yang sudah jadi ke dalam mangkuk sebanyak tiga sampai empat sendok makan, dua sendok makan tempoyak durian, daging pindang ikan, dan sedikit air. Kalau ingin lebih terasa segar maka diberi sedikit air jeruk. Semua bahan diaduk-aduk dengan tangan hingga tercampur.Rasa seruit memang sedikit aneh bagi yang baru mencobanya, ada rasa asin-asin, pedas, dan asam-asam segar juga rasa gurih dari pindang ikan. Seruit lebih cocok dimakan dengan lalapan, baik mentah maupun matang, seperti daun singkong yang telah direbus, labu yang telah direbus, jengkol, jinal (semacam kunyit tetapi ini warnanya putih dan rasanya segar seperti mangga kuweni muda), terong bulat kecil, bekasem petai, julang-jaling (semacam jengkol  tetapi ukurannya kotak kecil, berbau, dan rasa hampir sama seperti jengkol atau jering), dan daun mangga muda. Seruit dimakan sebagai teman nasi, terutama dengan nasi hangat agar lebih bersemangat dan nikmat.

Deskripsi Singkat :

Seruit adalah media silaturahmi dengan kuliner sebagai sarana berkumpul. Seruit adalah sejenis sambal yang dipadukan dengan ikan pindang,ikan goreng atau bakar disatukan dengan tangan, dapat ditambahkan dengan terong bakar, kupasan isi mentimun, durian fermentasi (tempoyak), kuwah pindang dan perasan jeruk nipis. Dimakan beramai-ramai menggunakan nasi dan lalapan mentah atau lalapan rebusan .Filosofi kebersamaanlah yang tergambar dari kuliner seruit atau nyeruit.

 

Clip Image020

SEKURA CAKAH BUAH

Cb2Cb3

Sejarah Singkat :

Pesta Budaya Sekura adalah pesta budaya tradisional yang dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri biasanya mulai dari 1 Syawal sampai 6 atau 7 Syawal setiap hari bergantian dari Pekon ke Pekon yang lain. Pesta Budaya Sekura dalam pandangan secara umum kegiatan ini hampir sama dengan pentas teater luar ruang dengan pelaku adalah masyarakat, dimana gambaran kegiatan budaya ini adalah identik dengan kemenangan, kebebasan dan kegembiraan sebagai ungkapan jiwa manusia untuk berkreasi dan berexpresi.Sekura dalam kebudayaan ini artinya topeng/penutup wajah atau merubah penampilan yang menggambarkan berbagai bentuk sifat dimuka bumi ini tapi dalam pesta sekura ini penggambaraanya adalah suasanya kegembiraan dan kebebasan berkreasi dalam kebersamaan berkelompok. Pesta budaya sekura secara definisi merupakan perayaan atau ungkapan kegembiraan masyarkat secara bersama-sama dengan bertopeng (menutup wajah) dan merubah penampilan sedemikian rupa yang sifatnya menghibur serta bertujuan utama bersilaturahmi yang berpuncak pada panjat pinang secara berkelompok dengan sistim beguai jejama (gotong royong).

Sekura secara teknis dibagi 2 kelompok :

SEKURA BETIK(helau) : penampilannya helau (indah) lucu, bersih dan sifatnya sebagai penghibur, dengan menggunakan kacamata gelap dan semua kostum dari kain panjang dan biasanya penutup kepala menggunakan selindang miwang (kain khas sebutan masyarakat Lampung Barat), kemudian pinggangnya juga dipenuhi gantungan kain panjang, banyak atau sedikitnya kain panjang yang dipakai seseorang atau kelompok orang yang sedang bersekura menunjukkan banyak atau sedikitnya Muli yang jadi pengikutnya (dalam Kebotnya/kelompoknya) karena kain kain panjang yang dipakai sekura tersebut dulunya adalah hasil pinjaman dari muli-muli yang ada dalam Jukku/Kebot adatnya. Sekura betik lebih mengarah pada menghibur penonton dengan tingkah mereka yang bebas berekpresi, sekura betik tidak berhak mengikuti panjat pinang, hanya sebagai penggembira.

SEKURA KAMAK(kotor) : memiliki penampilan yang kotor, bisa disebut juga sebagai ”Sekura Cakak”. Kamak (kotor) adalah ciri sekura ini yaitu memakai topeng dari bahan kayu atau dari bahan-bahan alami (tumbuh-tumbuhan) dan atau terbuat dari bahan-bahan yang jelek/bekas yang membaluri tubuh mereka yang akan menjadikan penampilannya menjadi lebih unik dan kotor dengan pakaian aneh dan lucu. Sekura Kamak berhak memanjat pinang yang telah ditentukan, untuk bersaing dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencapai puncak dan menjadi pemenang.

Guru Budaya/Maestro :

NAMA : ANTHON CABARA MA’AS

ALAMAT        : Pekon Canggu Batu Brak Lampung Barat

No.mobile        : 082373730535

NAMA : DUARSAH

ALAMAT        : Pekon Canggu Batu Brak Lampung Barat

No.mobile        : 085769495934

Deskripsi Singkat :

Salah satu bentuk kebudayaan yang dihasilkan masyarakat Lampung adalah “Sakura”, yaitu pesta topeng yang dilaksanakan setiap Idul Fitri oleh masyarakat Lampung Barat, khususnya di wilayah Skala Brak, Liwa Kabupaten Lampung Barat. Menurut penelitian yang dilakukan I Wayan Mustika, kata “Sakura” berasal dari kata “Sakukha” yang berarti penutup muka atau penutup wajah. Perubahan kata “sakukha” menjadi “sakura” lebih karena mengikuti perkembangan tata bahasa Indonesia secara umum, agar masyarakat Lampung lokal maupun pendatang dapat dengan mudah mengucapkannya.SEKURA adalah satu dari sekian bentuk/hasil kebudayaan kuno di Lampung, menilik nukilan-nukilan inskripsi arkeologi, Sekura telah diwariskan oleh para leluhur orang Lampung ketika negara-negara tradisional yang tercatat dalam sejarah belum lagi lahir. Kita kemudian mahfum. Ketika negara-negara tradisional itu runtuh dan berganti dengan negara baru, kebudayaan sekura masih terus bertahan dan menyebar menyatu dengan jiwa masyarakat. Bahkan ketika hasrat membentuk Negara Bangsa yang bernama Indonesia, tidak lagi bisa dibendung, sekura masih terus bertahan dan melanjutkan eksistensinya.
Sedikit di ilustrasikan tentang Pesta Budaya Sekura, Sekura dalam kebudayaan ini artinya topeng/penutup wajah (menutup wajah) atau merubah penampilan yang menggambarkan berbagai bentuk sifat dimuka bumi ini tapi dalam pesta sekura ini penggambarannya adalah suasana kegembiraan dan kebebasan berkreasi dan berekspresi dalam kebersamaan, berkelompok. Pesta Budaya Sekura adalah Pesta Budaya Tradisional yang dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri biasanya mulai dari 1 Syawal sampai 6 atau 7 Syawal setiap hari bergantian dari Pekon(desa) ke Pekon yang lain. Pesta Budaya Sekura dalam pandangan secara umum kegiatan ini hampir sama dengan pentas theatre luar ruang dengan pelaku adalah masyarakat, dimana gambaran kegiatan budaya ini adalah identik dengan kemenangan, kebebasan dan kegembiraan sebagai ungkapan jiwa manusia untuk berkreasi dan berekspresi.

Clip Image022Clip Image024

 

GULAI TABOH

Gulai Taboh

Sejarah Singkat :

Kabupaten Pesisir Barat merupakan daerah pesisir pantai yang memiliki hasil laut dan perkebunan yang melimpah. Sektor perkebunan selain penghasil damar juga kelapa dan sektor pertanian banyak menghasilkan bermacam-macam ikan laut. Karena itulah penduduk di sini banyak memanfaatkan kelapa dan ikan laut sebagai bahan masakan sehari hari, salah satunya adalah Gulai Taboh. Gulai Taboh merupakan santan yang dimasak dengan aneka isian yang beragam mulai dari ikan, udang, kacang-kacangan hingga tangkil (buah melinjo). Aneka isian dalam Gulai Taboh bisa divariasikan dengan aneka sayuran lainnya seperti labu kuning, ubi jalar ataupun aneka sayuran yang bisa cocok untuk dimasak dengan santan. Gulai Taboh menjadi menu wajib dalam setiap upacara-upacara adat masyarakat Lampung. Maka tak mengherankan jika menu yang satu ini menjadi menu andalan dari setiap perhelatan akbar.

Guru Budaya/Maestro :

Ny. Samsi Badaruddin

Deskripsi Singkat :

Kabupaten Pesisir Barat merupakan daerah pesisir pantai yang memiliki hasil laut dan perkebunan yang melimpah. Sektor perkebunan selain penghasil damar juga kelapa dan sektor pertanian banyak menghasilkan bermacam-macam ikan laut. Karena itulah penduduk di sini banyak memanfaatkan kelapa dan ikan laut sebagai bahan masakan sehari hari, salah satunya adalah Gulai Taboh. Gulai Taboh merupakan santan yang dimasak dengan aneka isian yang beragam mulai dari ikan, udang, kacang-kacangan hingga tangkil (buah melinjo). Aneka isian dalam Gulai Taboh bisa divariasikan dengan aneka sayuran lainnya seperti labu kuning, ubi jalar ataupun aneka sayuran yang bisa cocok untuk dimasak dengan santan. Gulai Taboh menjadi menu wajib dalam setiap upacara-upacara adat masyarakat Lampung. Maka tak mengherankan jika menu yang satu ini menjadi menu andalan dari setiap perhelatan akbar.

 

 

CAKAK PEPADUN

Cp1Cp2

Sejarah Singkat :

Cakak Pepadun(Naik Pepadun) adalah peristiwa pelantik penyimbang menurut adat istiadat masyarakat Lampung Pepadun, pepadun adalah suatu benda berupa bangku atau kursi yang terbuat dari bahan kayu yang merupakan lambang dari tingkat kedudukan dalam masyarakat, yang biasanya dilakukan bersamaan dengan upacara perkawinan. Upacara Gawi dapat dilakukan ditempat pria atau wanita, didahului dengan bertemunya dua penyeimbang dari kedua belah pihak untuk melakukan musyawarah dan persiapan selanjutnya, dalam upacara prosesi Cakak Pepadun dimulai dari yang disebut ngakuk maju(mengambil mempelai wanita) dilanjut dengan begawi turun diwai atau Cakak Pepadun, tahapan utama adalah yang disebut dengan upacara Merwatin atau musyawarah adat dilanjutkan dengan peserahan sigeh(tempat sirih) yang berisi galang siri atau uang sidang upacara ini disertai dengan upacara pemotongan kerbau untuk menjamu para penyimbang. Lalu diikuti dengan tahapan arak-arakan penyimbang dari pihak pria ketempat mempelai wanita diiringi dengan kesenian pencaksilat serta tabuhan dan diiringi dengan tembakan, masing-masing juru bicara berdialog dan menyerahkan barang bawaan dari pihak mempelai pria. Tahapan berikutnya adalah musek(menyuapi kedua mempelai) hingga tahapan akhir Tari Cangget hingga Cakak Pepadun calon penyimbang didudukan di singga sana.

Deskripsi Singkat :

Upacara Cakak Pepadun adalah upacara pemberian gelar untuk adat pepadun. Gelar adat Lampung di anataranya ialah: Suttan, Raja,  Pangeran, Dalom, dll.
Beberapa hal yang harus dilaksanakan dalam upacara Cakak Pepadun

1. Ngurau (ngundang)
Siapa saja yang akan melaksanakan upacara adat sedapatnya mengumpulkan masyarakat adat (Peghwatin). Peghwatin akan menyuruh yang punya hajat dan masyarakat kampung lain.

2. Ngepandai (Mandai)
Mereka yang sudah diberi tahu tentang upacara ini, dapat datang untuk menemui nyimah dan dengan yang punya hajat. Dalam kesempatan ini banyak orang yang memiliki dan peghwatin yang diundang itu.

3. Pumpung
Peghwatin yang diundang itu akan membahas acara dan menetapkan tata cara upacara adat yang akan dilaksanakan. Hasil keputusan dari pumping bersifat untuk meningkatkan para peghwatin untuk ikut aktif menyukseskan acara itu. Peraturan yang dihasilkan dari pumping menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan.

4. Anjau-anjauan
Sanak saudara yang sudah diberi tahu tentang upacara adat ini, mereka dapat hadir dan bersilaturahmi juga turut membantu.

5. Canggot
Canggot adalah prosesi adat yang melibatkan pemuda pemudi atau bujang gadis, berupa tari-tarian adat, dilaksanakan sore hari di sessat (rumah adat)

6. Mesol Kibau
Kibau (Kerbau) merupakan binatang yang menjadi lambing kemegahan/ kemakmuran masyarakat adat. Kerbau itu menjadi penentu dana di dalam pelaksanaan prosesi adat Lampung Pepadun. Banyaknya kerbau yang dipotong tergantung dari keputusan pumpung .
Kerbau dipotong setelah acara canggot. Daging kerbau yang sudah dipotong dibagikan ke peghwatin, kepala dari beberapa kampung, marga, sumbai, bujang gadis, kepala tiyuh, penyimbang tiyuh, dan penghulu tiyuh.

7. Cakak Pepadun
Setiap masyarakat Lampung pepadun yang sudah melaksanakan tahapan-tahapan prosesi adat, mulai dari selamatan/ syukuran ( ruyang-ruyang), sunatan/ khitanan, tindik telinga dan meratakan gigi ( seghak sepei), upacara adat, tarian dan arakan bujang gadis ( canggot agung sumbai muli meghanai), peresmian pernikahan secara adat (ngughuk kebayan), mengenal tempat mandi (tughun mandi), ganti nama sementara (ngini ghik ngamai adok), dan puncak upacara adat adalah cakak pepadun.
Cakak Pepadun merupakan puncak dari acara yang harus dilaksanakan untuk member informasi tentang pemegang tanggung jawab dan yang memiliki hak adat kepada masyarakat. Mereka yang telah melalui cakak pepadun, bergelar Suttan, gelar yang paling tinggi dalam masyarakat adat pepadun. Mereka yang bergelar suttan wajib menjadi contoh teladan, berbudi pekerti baik, tokoh masyarakat, tokoh yang menjadi panutan di lingkungan masyarakat dan lingkungan desa sehari-hari.

 

 

PEKHOS MASIN

Peros Masin

Deskripsi singkat :

Peros Masin adalah masakan gulai ikan tanpa santan. Ikanny biasanya adalah ikan mujair karena lebih cocok untuk peros masin, walaupun ikan mas dan ikan laut seperti tuhu juga bisa. Bahanny  bumbu lengkap laos, kunyit, jahe, bawang, tomat.Bumbu-bumbu tersebut terlebih dulu direbus, setelah bumbunya masak baru dimasukan ikan mujairnya. Peros masin adalah salah satu gulai masakan kesukaan masyarakat Liwa dan sekitarnya.

 

 
   

 

KAIN MADUARO

Pakaian MudaroIMG 20150323 082833

 Deskripsi singkat :

Maduaro merupakan jenis kain sulam dari Provinsi Lampung berupa selendang penutup kepala masyarakat Menggala. Pengaruh kain Maduaro di Lampung pada mulanya dibawa oleh nenek moyang masyarakat Menggala yang menunaikan ibadah haji di Mekkah pada abad ke-18. Selain itu para pedangang Gujarat India juga menjual kain sejenis kepada masyarakat Menggala, sehingga moti-motif yang berkembang di Menggala dipengaruhi motif dari Hindustan.Selanjutnya masyarakat Menggala mengembangkan kain Maduaro. Selain sebagai tutup kepala dikembangkan juga sebagai Kawai Rajo (Pakaian kebesaran para Penyimbang) pada upacara adat. Pada tahun 1830, Muslimah Nahdatul Ulama di daerah Menggala mendirikan organisasi khusus untuk wanita bernama Fatimi’ah yang bergerak dibidang pembuatan kain khas Lampung seperti Tapis, Songket, Mantok (tenun) termasuk Tuguk Maduaro, Baju Sadariyah dan Tarkidah serta Ngerenda dan Sulam Bubut yang berpusat di Al Hidayah Strat III kampung Menggala.Para wanita Menggala membuat kain sebagai Sesan untuk dibawa pada saat pernikahan mereka, salah satunya berupa Maduaro yang dibuat dari Benang Selingkang yang didatangkan dari India. Pada periode berikutnya kegiatan menyulam kain Maduaro menjadi kebiasaan para gadis di daerah Menggala untuk mempersiapkan sebagai Sesan.Dalam perkembangannya kain Maduaro mulai dibawa keluar oleh orang Menggala untuk membina para gadis dalam mengembangkan kerajinan menylam di Way Lima dan Talang Padang.

Guru Budaya/Maestro :

ERNA SUUD

Clip Image028Clip Image030Clip Image032

 

IKAN PANDAP

Pandap

Deskripsi Singkat :

Pandap adalah makanan/masakan khas tradisional Krui, Pesisir Barat yang berakar sejak zaman nenek moyang. Sampai kini Pandap masih populer di Pesisir Barat, hampir setiap hari banyak dijumpai penjaja pandap keliling. Pandap sering sekali menjadi makanan favorit para wisatawan dari dalam Sumatera maupun luar Sumatera seperti dari Lubuk Linggau, Jakarta dan Lampung. Sering para pelancong wisata memburu Pandap hanya untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang ke daerah asal mereka. Pandap juga sudah melanglang jagad seperti Malaysia dan Belgia.Pandap merupakan salah satu makanan khas yang dikenal hampir sebagian besar masyarakat Lampung. Ternyata makanan favorit presiden RI pertama kita itu pandap (ikan pais) memang terbilang unik, tapi seperti yang dikutip dari beberapa sumber, ikan pais (pandap) memang merupakan makanan favorit Soekarno selama menjalani masa pengasingan di Bengkulu sejak 1938 hingga 1942.Pandap memiliki rasa pedas dan gurih, pandap dijadikan lauk makan nasi yang bisa meningkatkan selera makan seseorang. Disajikan dengan nasi putih hangat dengan lalapan.

 

ENGKAK KETAN

KueEngkakKhasLampung 1

Deskripsi Singkat :

Engkak Ketan penganan atau juadah adalah makanan khas Lampung berbahan dasar tepung beras ketan, telur dan mentega juga santan kelapa. Rasa kue ini manis gurih berbentuk lapis-lapis yang dihasilkan dari cara memanggang kue ini. Biasanya penganan ini akan muncul dihari-hari besar dan perayaan adat budaya didaerah Lampung namun kini telah menjadi makanan sehari-hari menemani minum the atau kopi.

Clip Image036

 

Kalender Events 2017

Kalender Pariwisata Lampung 2016

 

Destination Map

Map Link

 

WISATA UNGGULAN

  • AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    Terletak di pekon Sukamaju Ulu Belu, Tanggamus. Mulai ramai didatangi oleh anak-anak muda......

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    Tahura Wan Abdul Rahman (luas: 22.249,31 ha) meliputi wilayah Kecamatan Gedong Tataan, Way Lima,......

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    Di Lampung Barat yang kaya akan pemandangan indah, ada Bukit Geredai. Dari puncak bukit tersebut......

    Danau Ranau

    Danau Ranau

    Danau Ranau merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera, terletak di...

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung meninjau pengembangan objek pariwisata......

    Krui dan Tanjung Setia

    Krui dan Tanjung Setia

    Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Krui dan Tanjung Setia ditujukan pada...

    Menara Siger

    Menara Siger

    Menara Siger sebagai landmark/simbol penanda bagi Provinsi Lampung yang...

    Monumen Krakatau

    Monumen Krakatau

    Monumen peringatan meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883,...

    Museum Lampung

    Museum Lampung

    Terletak di Jl. Z.A. Pagaralam 5 Bandar Lampung (5.7km dari pusat kota),...

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun terletak 9 km atau sekitar 45 menit dari pusat kota, menawarkan keindahan...

    Pulau Pisang yang Cantik nan Eksotis

    Resort Bumi Kedaton

    Resort Bumi Kedaton

    Nuansa Hijau Perkampungan dengan panorama perbukitan terletak di kampung batu putuk...

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Lampung Barat tak hanya punya panorama alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)...

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Pugung Raharjo ditemukan pada tahun 1957. Luas area sekitar 30 hektar ,...

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Kawasan ini merupakan Taman Nasional terbesar ke-3 di Pulau Sumatera dengan luas...

    Taman Nasional Way Kambas

    Taman Nasional Way Kambas

    Merupakan suaka alam dataran rendah dengan luas kurang lebih 126.000 hektar....

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Kawasan pariwisata ini terletak di daerah Sukadanaham, Tanjung karang Barat,...

    Teluk Kiluan

    Teluk Kiluan

    Teluk ini terletak di Kabupaten Tangamus merupakan sebuah teluk dengan potensi wisata bahari....

  • GALERI
  • TOP DESTINATION
  • Pulau Pisang Pesisir Barat Pulau Pisang merupakan pulau wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pulau Pisang memiliki luas daratan 148,82Ha. Secara Geografis pulau pisang terletak pada kooedinat 5’ &’...
    Pulau Pisang Pesisir Barat
  • Jelajah Pulau Pisang Pulau Pisang (Banana Island) adalah pulau yang indah dengan pantainya dikelilingi pasir putih. Pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Pesisir Utara Krui Pugung Tampak, Lampung Barat. Sebuah...
    Read more...
    Jelajah Pulau Pisang
  • Jelajah Suoh Lampung Barat Geotrek dengan potensi panas bumi yang luar biasa menjanjikan wisata petualangan yang cukup menantang, menembus jalan tanah,menyebrangi way semaka diakhiri dengan panorama dari Danau Lebar,...
    Read more...
    Jelajah Suoh Lampung Barat
  • BERITA TERKINI
  • JALUR WISATA
  • HUT KODIM II/ SRIWIJAYA KE- 70

    Kegiatan Festival layang - layang  dan Rekor muri Pempek terpanjang dalam Rangka Menyambut Hut Kodim II/ Sriwijaya ke - 70 Tahun 2016, Kepala DInas PAriwisata dan Ekonomi Kreatif yang mewakili Gubernur Lampung (Ir, CHOIRIA PANDARITA, MM)...

  • "TOUR KRAKATAU" LAMPUNG FESTIVAL KRAKATAU XXVII TAHUN 2017

      10 Syarat Peserta Tour Krakatau LKF 2017 Persyaratan Dasar Peserta Tour Krakatau LKF 2017 : 1. Berusia minimal 18 tahun 2. Sehat jasmani dan rohani  3. Tidak memiliki riwayat penyakit berat 4. Tidak memiliki riwayat penyakit menahun 5. Bisa berenang 6....

  • AKSI SAPTA PESONA

    Aksi Sapta Pesona Lokasi Pantai Minang Rua Mendukung sektor pariwisata kabupaten lampung selatan. maka kita menggagas kegiatan aksi Sapta pesona di Objek Wisata Pantai Minang Rua Kalianda, Lampung selatan kegiatan tersebut berisikan acara bersih...

  • AKSI SAPTA PESONA (BERSIH-BERSIH PANTAI) DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG

    Aksi bersih bersih Pantai yang dilakukan pada Tanggal 23 Mei 2017 merupakan bagian dari Acara Aksi Sapta Pesona yang merupakan Program dari Kementrian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Hadir pada Acara tersebut, Kepala Dinas...

  • AUDENSI GUBERNUR LAMPUNG DENGAN MENTERI PARIWISATA RI

    Audiensi Gubernur Lampung dan Menteri Pariwisata RI difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Hotel Indonesia pada tanggal 26 Januari 2016 pukul 13.00wib. Turut hadir mendampingi Gubernur Lampung...

  • AUDIENSI IBU GUBERNUR DENGAN CALON PUTERI INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG 2016

    Audensi Ketua PKK Provinsi Lampung/ Ibu Gubernur Lampung (Yustin Ridho Ficardo) dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung (ir. Choiria Pandarita, MM) dengan Puteri Lampung yang akan mengikuti ajang Pemilihan Puteri Indonesia...

  • AUDIENSI STP BANDUNG DENGAN GUBERNUR LAMPUNG

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Ibu Choiria Pandarita, MM melakukan percepatan pembangunan kepariwisataan Lampung dengan bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Hadir langsung Ketua STP...

  • Ayo Dukung Muli Mekhanai 2015 Favoritmu

    Peserta Muli Mekhanai Provinsi Lampung 2015

  • BAKTI SOSIAL CALON PUTERI INDONESIA 2016 PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG

    Calon Puteri Indonesia 2016 perwakilan dari Provinsi Lampung (Felicia) dan Wakil Walikota Bandar Lampung terpilih (Yusuf Kohar) di dampingi Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung,  mengadakan Acara Bakti Sosial pada...

  • Bimbingan Teknis Penyuluh Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Pariwisata Tahun 2015

    Pembangunan Kepariwisataan diarahkan untuk ewujudkan prinsip pembangunan inklusif sebagaimana amanah dari sila kelima Pancasila yakni mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan kepariwisataan merupakan integrasi antara...

Facebook

Copyright © 2016 www.pariwisatalampung.com. All Rights Reserved.
Support and Unix Themes by Firefliesweb Design