Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x
Keindahan Bawah Laut Lampung
Description 1
Sunset yang sunggung menawan
Description 2
Landscape yang begitu menenangkan
Description 3
Stand Disparekraf Prov. Lampung pada Event Lampung Fair 2015
Stand Disparekraf Prov. Lampung pada Event Lampung Fair 2015

Perhelatan tahunan Lampung Fair ini diselenggarakan 5-20 September 2015 dengan tema "The Innovation of Lampung" dengan berinovasi Lampung Fair 2015 mampu mengantarkan Lampung menuju masyarakat ekonomi kreatif yang semakin aktif dan produktif. “Tujuan pelaksanaan kegiatan ini antara lain adalah sebagai sarana untuk menginformasikan kepada masyarakat Lampung, mengenai apa yang telah dicapai di Provinsi Lampung, memberikan hiburan kepada masyarakat,”

Pembukaan Lampung Fair 2015 yang dihadiri oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo di PKOR Wayhalim, Bandarlampung. Dimeriahkan oleh sejumah artis ibukota dan juga pagelaran seni dan budaya. Pemprov Lampung setiap tahun menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan Lampung Fair yang bertujuan untuk menampilkan potensi yang ada di daerah pintu gerbang Sumatera ini, sekaligus menarik pengunjung sebanyak-banyaknya untuk dapat menyaksikan kegiatan ini. 

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung ikut berpartisipasi dan mendirikan stand pada Lampung Fair tahun ini. Dan menjadi salah satu peserta dari 219 stand disana. Pada tanggal 19 September nanti akan diselenggarakan pawai kendaraan hias. Dan sebagai bentuk apresiasi, pemerintah akan memberikan penghargaan bagi peserta stand terbaik.

Lampung Culture dan Tapis Carnival 2015
Lampung Culture dan Tapis Carnival 2015

Acara puncak Festival Krakatau 2015 yang digelar di depan Mahan Agung menyedot para warga Lampung untuk melihat dan menyaksikan acara  “Lampung Culture dan Tapis Carnival V” yang dimulai dari Jalan Dr. Susilo di depan Mahan Agung dan finis di Lapangan Merah Enggal, Bandar Lampung.

Festival Krakatau 2015 yang bertujuan untuk  mempromosikan pariwisata Lampung sekaligus menjaring wisatawan baik nusantara maupun mancanegara ini dimeriahkan berbagai kegiatan seni budaya dan petualangan. Para peserta tahun ini yang terlibat dari beberapa Provinsi lain seperti Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Banten. Untuk Kabupaten/Kota yang terlibat antara lain Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Ogan Komering Ulu, dan terakhir Kabupaten Sleman. Untuk di Provinsi Lampung sendiri ada 12 Kabupaten/Kota yang ikut memeriahkan dan berpartisipasi dalam acara ini. Antara Lain: Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Waykanan, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kota Metro, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Barat, serta terakhir Kota Bandar Lampung. Serta pada tahun ini DPW Bundo Kandung Lampung, Yayasan Prahlada Lampung, dan PSMTI Lampung ikut berparsipasi.

 

DSC 0055DSC 0060

DSC 0067DSC 0071DSC 0076

DSC 0056DSC 0065

IMG 6180DSC 0103

DSC 0138DSC 0239

IMG 6164IMG 6166

IMG 6177DSC 0226

IMG 6181IMG 6182

IMG 6183IMG 6184

IMG 6185IMG 6186IMG 6189

IMG 6210IMG 6196IMG 6203

IMG 6214IMG 6218

IMG 6219IMG 6221

IMG 6222IMG 6225IMG 6231

 

 
Tour Krakatau 2015
Tour Krakatau 2015

KRAKATAU adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra yang termasuk dalam kawasan cagar alam. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung mengadakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Krakatau 2015 yaitu Tour Krakatau. Peserta Tour Krakatau antara lain para jurnalis, para komunitas seperti bloger, kelompok pecinta alam, mahasiswa, dll, juga ternyata panitia menggandeng peserta untuk masyarakat umum. 

Rombongan berangkat dar Lapangan Korpri, Kantor Gubernur Lampung menuju Gunung Anak Krakatau tepat pukul 06.30 WIB. Perjalanan yang diperkirakan memakan waktu 2 jam ini merupakan bagian dari agenda tahunan promosi pariwisata di Lampung.

Backdrop 2 5x4 8m

Salah satu kegiatan menarik pada Festival Krakatau ke-25 tahun ini adalah Krakatau Fes’ Expo, yang akan digelar 26-29 Agustus 2015, dipusatkan di Mall Bumi Kedaton, Bandar Lampung. "Pada Krakatau Fes’ Expo ada satu kegiatan yang menarik yaitu acara Coffee Festival, perlombaan meracik kopi guna mendapatkan cita rasa terbaik dari kopi Lampung. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan bahwa Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia." Krakatau Fes’ Expo juga akan dimeriahkan dengan pameran objek wisata, industri pariwisata, pameran produk ekonomi kreatif, pameran foto objek dan daya tarik wisata Lampung.

DSC 0031

Komunitas anak muda Lampung yang tergabung dalam Ruang Renjana menggelar lomba baca puisi untuk umum dengan syair "Lampung Karam". Jumlah peserta yang akan membacakan syair Lampung Karam sudah mencapai puluhan peserta yang telah terdaftar di panitia. Peserta berasal dari berbagai daerah di Lampung, bahkan ada yang dari luar Lampung. "Syair Lampung Karam karya Muhammad Saleh yang akan dibacakan peserta lomba merupakan kesaksian satu-satunya penduduk pribumi atas letusan mahadahsyat Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883 silam. Naskahnya pertama kali terbit di Singapura pada November 1883-Oktober 1884." Syair yang berbahasa melayu dan dicetak dengan huruf Jawi ini dulunya berjudul "Syair Negeri Lampung yang dinaiki oleh Air dan Hujan Abu", memiliki 374 bait dengan ketebalan 36-42 halaman.

Tiga Juri yang ditunjuk dalam lomba baca puisi Festival Krakatau ke-25 yakni Isbedy Setiawan, Edi Samudera Kertagama, dan Imas Sobariah dari Teater satu Lampung. Syair Lampung Karam merupakan karya sastra tertua yang mengisahkan tentang letusan dahsyat Gunung Krakatau di Selat Sunda pada 26--28 Agustus 1883. 

Kalender Events 2017

Kalender Pariwisata Lampung 2016

 

Destination Map

Map Link

 

WISATA UNGGULAN

  • AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    Terletak di pekon Sukamaju Ulu Belu, Tanggamus. Mulai ramai didatangi oleh anak-anak muda......

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    Tahura Wan Abdul Rahman (luas: 22.249,31 ha) meliputi wilayah Kecamatan Gedong Tataan, Way Lima,......

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    Di Lampung Barat yang kaya akan pemandangan indah, ada Bukit Geredai. Dari puncak bukit tersebut......

    Danau Ranau

    Danau Ranau

    Danau Ranau merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera, terletak di...

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung meninjau pengembangan objek pariwisata......

    Krui dan Tanjung Setia

    Krui dan Tanjung Setia

    Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Krui dan Tanjung Setia ditujukan pada...

    Menara Siger

    Menara Siger

    Menara Siger sebagai landmark/simbol penanda bagi Provinsi Lampung yang...

    Monumen Krakatau

    Monumen Krakatau

    Monumen peringatan meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883,...

    Museum Lampung

    Museum Lampung

    Terletak di Jl. Z.A. Pagaralam 5 Bandar Lampung (5.7km dari pusat kota),...

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun terletak 9 km atau sekitar 45 menit dari pusat kota, menawarkan keindahan...

    Pulau Pisang yang Cantik nan Eksotis

    Resort Bumi Kedaton

    Resort Bumi Kedaton

    Nuansa Hijau Perkampungan dengan panorama perbukitan terletak di kampung batu putuk...

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Lampung Barat tak hanya punya panorama alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)...

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Pugung Raharjo ditemukan pada tahun 1957. Luas area sekitar 30 hektar ,...

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Kawasan ini merupakan Taman Nasional terbesar ke-3 di Pulau Sumatera dengan luas...

    Taman Nasional Way Kambas

    Taman Nasional Way Kambas

    Merupakan suaka alam dataran rendah dengan luas kurang lebih 126.000 hektar....

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Kawasan pariwisata ini terletak di daerah Sukadanaham, Tanjung karang Barat,...

    Teluk Kiluan

    Teluk Kiluan

    Teluk ini terletak di Kabupaten Tangamus merupakan sebuah teluk dengan potensi wisata bahari....

  • GALERI
  • TOP DESTINATION
  • Pulau Pisang Pesisir Barat Pulau Pisang merupakan pulau wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pulau Pisang memiliki luas daratan 148,82Ha. Secara Geografis pulau pisang terletak pada kooedinat 5’ &’...
    Pulau Pisang Pesisir Barat
  • Jelajah Pulau Pisang Pulau Pisang (Banana Island) adalah pulau yang indah dengan pantainya dikelilingi pasir putih. Pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Pesisir Utara Krui Pugung Tampak, Lampung Barat. Sebuah...
    Read more...
    Jelajah Pulau Pisang
  • Jelajah Suoh Lampung Barat Geotrek dengan potensi panas bumi yang luar biasa menjanjikan wisata petualangan yang cukup menantang, menembus jalan tanah,menyebrangi way semaka diakhiri dengan panorama dari Danau Lebar,...
    Read more...
    Jelajah Suoh Lampung Barat
  • BERITA TERKINI
  • JALUR WISATA
  • HUT KODIM II/ SRIWIJAYA KE- 70

    Kegiatan Festival layang - layang  dan Rekor muri Pempek terpanjang dalam Rangka Menyambut Hut Kodim II/ Sriwijaya ke - 70 Tahun 2016, Kepala DInas PAriwisata dan Ekonomi Kreatif yang mewakili Gubernur Lampung (Ir, CHOIRIA PANDARITA, MM)...

  • "TOUR KRAKATAU" LAMPUNG FESTIVAL KRAKATAU XXVII TAHUN 2017

      10 Syarat Peserta Tour Krakatau LKF 2017 Persyaratan Dasar Peserta Tour Krakatau LKF 2017 : 1. Berusia minimal 18 tahun 2. Sehat jasmani dan rohani  3. Tidak memiliki riwayat penyakit berat 4. Tidak memiliki riwayat penyakit menahun 5. Bisa berenang 6....

  • AKSI SAPTA PESONA (BERSIH-BERSIH PANTAI) DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG

    Aksi bersih bersih Pantai yang dilakukan pada Tanggal 23 Mei 2017 merupakan bagian dari Acara Aksi Sapta Pesona yang merupakan Program dari Kementrian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Hadir pada Acara tersebut, Kepala Dinas...

  • AUDENSI GUBERNUR LAMPUNG DENGAN MENTERI PARIWISATA RI

    Audiensi Gubernur Lampung dan Menteri Pariwisata RI difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Hotel Indonesia pada tanggal 26 Januari 2016 pukul 13.00wib. Turut hadir mendampingi Gubernur Lampung...

  • AUDIENSI IBU GUBERNUR DENGAN CALON PUTERI INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG 2016

    Audensi Ketua PKK Provinsi Lampung/ Ibu Gubernur Lampung (Yustin Ridho Ficardo) dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung (ir. Choiria Pandarita, MM) dengan Puteri Lampung yang akan mengikuti ajang Pemilihan Puteri Indonesia...

  • AUDIENSI STP BANDUNG DENGAN GUBERNUR LAMPUNG

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Ibu Choiria Pandarita, MM melakukan percepatan pembangunan kepariwisataan Lampung dengan bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Hadir langsung Ketua STP...

  • Ayo Dukung Muli Mekhanai 2015 Favoritmu

    Peserta Muli Mekhanai Provinsi Lampung 2015

  • BAKTI SOSIAL CALON PUTERI INDONESIA 2016 PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG

    Calon Puteri Indonesia 2016 perwakilan dari Provinsi Lampung (Felicia) dan Wakil Walikota Bandar Lampung terpilih (Yusuf Kohar) di dampingi Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung,  mengadakan Acara Bakti Sosial pada...

  • Bimbingan Teknis Penyuluh Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Pariwisata Tahun 2015

    Pembangunan Kepariwisataan diarahkan untuk ewujudkan prinsip pembangunan inklusif sebagaimana amanah dari sila kelima Pancasila yakni mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan kepariwisataan merupakan integrasi antara...

  • CANGGET BAKHA HUT SANGGAR RUWAI JURAI LAMPUNG KE-17

    Kebudayaan merupakan salah satu ciri khas dan identitas masyarakat, baik berupa kesenian, makanan khas, pakaian, upacara adat, dan lainnya. Provinsi Lampung memiliki potensi yang luar biasa dalam hal kesenian dan adat budaya. Potensi tersebut...

Facebook

Copyright © 2016 www.pariwisatalampung.com. All Rights Reserved.
Support and Unix Themes by Firefliesweb Design