Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x
Keindahan Bawah Laut Lampung
Description 1
Sunset yang sunggung menawan
Description 2
Landscape yang begitu menenangkan
Description 3
Kebontebu

Lampung Barat tak hanya punya panorama alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

yang menyimpan dua air terjun ternama di dalamnya. Atau Pantai Tanjung Setia yang eksotik untuk bermain surfing. Di perbatasan Lambar dengan Bukit Kemuning (Lampung Utara), ada wisata situs megalitik Batu Brak, Kebun Tebu. Butuh waktu sekitar 15 menit dari Simpang Gadis, Kecamatan Sumber Jaya menuju lokasi situs di Jalan Lebuay, Pekon Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu. Dari Liwa, Tribun menempuh perjalanan sekitar dua jam menggunakan kendaraan roda dua. Yang menarik di sini, tidak ada pungutan sama sekali saat memasuki dan menjelajahi lokasi yang banyak menyimpan aneka batuan jaman Megalitik itu. Sapran, pria paruh baya yang menjaga rumah informasi lokasi situs menuturkan, wisata ini sengaja digratiskan oleh pemerintah sebagai ruang belajar sejarah. Syaratnya hanya menjaga dan tidak merusak bebatuan yang ada di dalamnya. "Ada batu menhir (tegak), dolmen (meja), datar dan jenis lainnya di dalam situs megalitikum Batu Brak yang memiliki luas lahan 3,5 hektar ini," ceritanya kepada Tribun Lampung, Minggu (30/9). Berdasarkan catatan sejarah, ungkap dia, situs ini pertama kali ditemukan oleh BRN tahun 1951. Penelitian awal dilakukan Profesor Ares Sukendar pada 1980 lalu. Di lokasi situs yang awalnya merupakan perkebunan kopi penduduk lokal, sambung dia, terdapat 40 buah batu menhir, 38 batu dolmen, dua batu datar, dan beberapa batu kelompok. Dituturkannya, proses pemugaran sudah dilakukan dua kali. Tahun 1984 dan 1989 lalu. Dalam pemugaran dilakukan reposisi dan rekonstruksi batuan ke posisi semula. Karena saat ditemukan, posisi bebatuan tidak beraturan lantaran gejala alam seperti gempa bumi, tanah longsor, dan faktor usia. "Selain pelajar maupun umum, mahasiswa maupun peneliti asing juga banyak yang melakukan riset ke sini," terangnya.(sulis setia markhamah) Situs Megalitik Kebon Tebu ditemukan pertama kali  oleh rombongan  Transmigrasi  Biro  Rekontruksi Nasional (BRN) dari Subang, Jawa Barat  yang di pimpin oleh  Ama Poeradirja pada tahun 1951, sebanyak 70 KK. Sedangkan pengertian batu berak sendiri adalah >batu banyak.Selain  situs batu berak  ditemukan juga situs lainnya.

  • Situs Batu Jagur
  • Situs batu tameng
  • Situs telaga mukmin
  • Situs cabang dua
  • Situs batu jaya
  • Situs air ringkih

Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat  mengenai  penemuan  7 situs  Megalitik, pada tahun 1977  pemerintah membentuk  tim peneliti guna mengadakan penelitian. Tim studi kelayakan di pimpin oleh  Haris Sukendar  dengan anggota Dulhadi Tabahasa , Suhadi, Budhiyono, BA, Aryana Setiawan, Rusmana Winata di bantu oleh kepala desa dan  Rasyam. Penelitian itu sendiri dilakukan di situs telaga mukminSesudah diadakan penelitian pada tahun 1977 oleh tim Gabungan Pusat  penelitian Arkeologi nasional dan kantor wilayah Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Lampung Bidang  Permuseuman, Sejarah dan kepurba kalaan, kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 1980. Setelah diadakan beberapa kali penelitian, baru pada tahun anggaran 1981 diadakan pemugaran I meliputi penegakan 2 buah menhir 4 pengangkatan 2 buah dolmen besar di situs batu berak. Kemudian dilanjutkan secara bertahap sampai tahun 1989. Situs megalitik batu berak sendiri terletak di Desa Purajaya Kecamatan Sumberjaya Lampung Barat, seluas 3,5 Ha.Hasil temuan Situs Megalitik Kebon Tebu/Batu Berak.

 1. Menhir

Menhir atau biasa disebut batu Tegak/tiang Batu. Sedangkan fungsi menhir adalah tanda penguburan tanda peringatan, menolak bahaya dan tempat memberikan hukum upacara-upacara besar.

Menhir di situs Batu Berak tersusun membentuk garis pararel lurus berorientasi utara-selatan, menghadap ke gunung Rigis yang merupakan gunung tertinggi, berada disebelah utara situs Batu Berak.

Dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa Menhir situs Batu Berak lebih berfungsi tempat pemujaan dan tempat tinggal.

Menhir situs Batu Berak terbuat dari batu monolit yang berton – ton beratnya.

Sedangkan dolmen terbesar terdapat disitus batu jagur yang ukuran tinggi 300 cm, lebar 89 cm dan tebal 55 cm.

 2. Dolmen

Dolmen atau biasa juga meja batu yang disangga batu yang lebih kecil berjumlah 4 sampai 6 buah. Dolmen terbuat dari batu andesit, yang berfungsi sebagai tempat penguburan. Namun dari hasil penelitian fungsi dolmen pada situs Batu Berak lebih berfungsi sebagai tempat pemujaan.

Seperti halnya menhir, dolmen situs Batu Berak pun tersusun membentuk satu garis lurus berotientasi utara – selatan menghadap ke gunung Rigis. Dolmen situs Batu Berak berjumlah 27 buah. Dolmen terbesar terdapat di situs telaga mukmin dengan ukuran panjang 300, lebar 290 dan tebal 69 cm.

 3. Batu Datar

Batu Datar yaitu batu yang permukaan rata dan datar. Pada prinsipnya batu datar sama dengan dolmen, hanya yang membedakan kalau batu datar tidak disanggah oleh batu – batu yang lebih kecil. Batu datar biasanya digunakan sebagai tempat sesaji yang diperuntukan bagi arwah nenek moyang. Batu datar di situs Batu Berak berjumlah 3 buah.

 4. Batu Umpak

Batu  umpak adalah  batu yang berfungsi  sebagaai penyangga  tiang  rumah ataupun bangunan. Berdasarkan hasil penelitian dalam bentuk studi  kelayakan menyimpulkan bahwa peninggalan yang terdapat di situs  megalitik Kebon Tebu meliputi situs pemukiman dan tempat pemujaan.

 5. Pecahan keramik lokal dan asing

Di situs batu berak ditemukan juga pecahan keramik lokal dan asing. Keramik asing di situs  batu berak berasal dari Cina yaitu dari dinasti Sung dan dinasti Yuan sekitar tahun 2500 SM

 6. Manik-manik

Manik-manik yang ditemukan  di situs batu berak, terbuat  dari kaca  dan batu karnelin. Bentuk manik –manik itu  sendiri beraneka  macam : ada yang  bulat, piph, oval, bikon dan lain-lain. Fungsi dari manik-manik  ketika itu sebagai perhiasan dan bila pemiliknya  meninggal biasanya  disertakan sebagai bekal kubur, atau bisa  juga  sebagai penabur sewaktu ada upacara.Selain temuan-temuan itu, ditemukan juga batu bergores di situs batu jaya dan situs air ringkih. Batu bergores biasanya  berfungsi sebagai pengasah peralatan pada masa prasejarah.Peninggalan sejarah dan purbakala situs megalitik Kebontebu merupakan warisan budaya masa prasejarah, yang memiliki  nilai kebanggaan nasional yang dapat diwariskan pada generasi muda.Sebelumnya situs ini sudah pernah diteliti oleh sarjana-sarjana luar mengungkapkan tentang kehidupan manusia masa lalu yang mencakup sosial ekonomi, adat-istiadat, religi dan lain-lain.

Kalender Events 2017

Kalender Pariwisata Lampung 2016

 

Destination Map

Map Link

 

WISATA UNGGULAN

  • AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    AIR TERJUN LEMBAH PELANGI dan DANAU HIJAU

    Terletak di pekon Sukamaju Ulu Belu, Tanggamus. Mulai ramai didatangi oleh anak-anak muda......

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    AIR TERJUN TAHURA WAN ABDUL RAHMAN

    Tahura Wan Abdul Rahman (luas: 22.249,31 ha) meliputi wilayah Kecamatan Gedong Tataan, Way Lima,......

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    BAWANG BAKUNG GEREDAI

    Di Lampung Barat yang kaya akan pemandangan indah, ada Bukit Geredai. Dari puncak bukit tersebut......

    Danau Ranau

    Danau Ranau

    Danau Ranau merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera, terletak di...

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Disparekraf Provinsi Lampung Meninjau Pariwisata Unggulan di Kota Malang Jawa Timur

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung meninjau pengembangan objek pariwisata......

    Krui dan Tanjung Setia

    Krui dan Tanjung Setia

    Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Krui dan Tanjung Setia ditujukan pada...

    Menara Siger

    Menara Siger

    Menara Siger sebagai landmark/simbol penanda bagi Provinsi Lampung yang...

    Monumen Krakatau

    Monumen Krakatau

    Monumen peringatan meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883,...

    Museum Lampung

    Museum Lampung

    Terletak di Jl. Z.A. Pagaralam 5 Bandar Lampung (5.7km dari pusat kota),...

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

    Pantai Mutun terletak 9 km atau sekitar 45 menit dari pusat kota, menawarkan keindahan...

    Pulau Pisang yang Cantik nan Eksotis

    Resort Bumi Kedaton

    Resort Bumi Kedaton

    Nuansa Hijau Perkampungan dengan panorama perbukitan terletak di kampung batu putuk...

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Situs Megalith Kebon Tebu

    Lampung Barat tak hanya punya panorama alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)...

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Purbakala Pugung Raharjo

    Situs Pugung Raharjo ditemukan pada tahun 1957. Luas area sekitar 30 hektar ,...

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Kawasan ini merupakan Taman Nasional terbesar ke-3 di Pulau Sumatera dengan luas...

    Taman Nasional Way Kambas

    Taman Nasional Way Kambas

    Merupakan suaka alam dataran rendah dengan luas kurang lebih 126.000 hektar....

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Taman Rekreasi Lembah Hijau

    Kawasan pariwisata ini terletak di daerah Sukadanaham, Tanjung karang Barat,...

    Teluk Kiluan

    Teluk Kiluan

    Teluk ini terletak di Kabupaten Tangamus merupakan sebuah teluk dengan potensi wisata bahari....

  • GALERI
  • TOP DESTINATION
  • Pulau Pisang Pesisir Barat Pulau Pisang merupakan pulau wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pulau Pisang memiliki luas daratan 148,82Ha. Secara Geografis pulau pisang terletak pada kooedinat 5’ &’...
    Pulau Pisang Pesisir Barat
  • Jelajah Pulau Pisang Pulau Pisang (Banana Island) adalah pulau yang indah dengan pantainya dikelilingi pasir putih. Pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Pesisir Utara Krui Pugung Tampak, Lampung Barat. Sebuah...
    Read more...
    Jelajah Pulau Pisang
  • Jelajah Suoh Lampung Barat Geotrek dengan potensi panas bumi yang luar biasa menjanjikan wisata petualangan yang cukup menantang, menembus jalan tanah,menyebrangi way semaka diakhiri dengan panorama dari Danau Lebar,...
    Read more...
    Jelajah Suoh Lampung Barat
  • BERITA TERKINI
  • JALUR WISATA
  • HUT KODIM II/ SRIWIJAYA KE- 70

    Kegiatan Festival layang - layang  dan Rekor muri Pempek terpanjang dalam Rangka Menyambut Hut Kodim II/ Sriwijaya ke - 70 Tahun 2016, Kepala DInas PAriwisata dan Ekonomi Kreatif yang mewakili Gubernur Lampung (Ir, CHOIRIA PANDARITA, MM)...

  • "TOUR KRAKATAU" LAMPUNG FESTIVAL KRAKATAU XXVII TAHUN 2017

      10 Syarat Peserta Tour Krakatau LKF 2017 Persyaratan Dasar Peserta Tour Krakatau LKF 2017 : 1. Berusia minimal 18 tahun 2. Sehat jasmani dan rohani  3. Tidak memiliki riwayat penyakit berat 4. Tidak memiliki riwayat penyakit menahun 5. Bisa berenang 6....

  • AKSI SAPTA PESONA

    Aksi Sapta Pesona Lokasi Pantai Minang Rua Mendukung sektor pariwisata kabupaten lampung selatan. maka kita menggagas kegiatan aksi Sapta pesona di Objek Wisata Pantai Minang Rua Kalianda, Lampung selatan kegiatan tersebut berisikan acara bersih...

  • AKSI SAPTA PESONA (BERSIH-BERSIH PANTAI) DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG

    Aksi bersih bersih Pantai yang dilakukan pada Tanggal 23 Mei 2017 merupakan bagian dari Acara Aksi Sapta Pesona yang merupakan Program dari Kementrian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Hadir pada Acara tersebut, Kepala Dinas...

  • AUDENSI GUBERNUR LAMPUNG DENGAN MENTERI PARIWISATA RI

    Audiensi Gubernur Lampung dan Menteri Pariwisata RI difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Hotel Indonesia pada tanggal 26 Januari 2016 pukul 13.00wib. Turut hadir mendampingi Gubernur Lampung...

  • AUDIENSI IBU GUBERNUR DENGAN CALON PUTERI INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG 2016

    Audensi Ketua PKK Provinsi Lampung/ Ibu Gubernur Lampung (Yustin Ridho Ficardo) dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung (ir. Choiria Pandarita, MM) dengan Puteri Lampung yang akan mengikuti ajang Pemilihan Puteri Indonesia...

  • AUDIENSI STP BANDUNG DENGAN GUBERNUR LAMPUNG

    Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Ibu Choiria Pandarita, MM melakukan percepatan pembangunan kepariwisataan Lampung dengan bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Hadir langsung Ketua STP...

  • Ayo Dukung Muli Mekhanai 2015 Favoritmu

    Peserta Muli Mekhanai Provinsi Lampung 2015

  • BAKTI SOSIAL CALON PUTERI INDONESIA 2016 PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG

    Calon Puteri Indonesia 2016 perwakilan dari Provinsi Lampung (Felicia) dan Wakil Walikota Bandar Lampung terpilih (Yusuf Kohar) di dampingi Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung,  mengadakan Acara Bakti Sosial pada...

  • Bimbingan Teknis Penyuluh Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Pariwisata Tahun 2015

    Pembangunan Kepariwisataan diarahkan untuk ewujudkan prinsip pembangunan inklusif sebagaimana amanah dari sila kelima Pancasila yakni mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan kepariwisataan merupakan integrasi antara...

Facebook

Copyright © 2016 www.pariwisatalampung.com. All Rights Reserved.
Support and Unix Themes by Firefliesweb Design