Danau Ranau

Diposting pada

Danau ranau

Danau Ranau merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera, terletak di Desa Lumbok (km 286), Sukau atau 31 km dari Kota Liwa Ibukota Kabupaten Lampung Barat dengan menyusuri perkampungan tradisional Lampung, sawah, bukit, areal perkebunan sayuran dan buah-buahan. Luas Danau ini sekitar 44 km² di kelilingi perbukitan dan Gunung Seminung dengan suhu udara yang sejuk rata-rata sekitar 21 derajat celcius.

Aktifitas yang dapat dilakukan adalah berperahu, berenang, memancing, menikmati udara sejuk, keindahan alam dan suasana danau yang tenang diselingi suara alam serta kicauan burung. Secara geografis, danau ini terletak di perbatasan Kabupaten OKU Selatan Propinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.Luas Danau Ranau sekitar 8×16 km dengan latar belakang Gunung Seminung (ketinggian ± 1.880 m dpl), dikelilingi oleh bukit dan lembah. Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari suhu berkisar 20° – 26° Celsius.

Secara geografis, topografi danau ranau adalah perbukitan berlembah, sehingga menjadikan danau Ranau memiliki cuaca sejuk. Terdapat beberapa jenis ikan hidup di danau, antara lain mujair, kepor, kepiat, dan harongan.Pemandangan seputar Danau Ranau sungguh menakjubkan. Apaladi di tengah danau terdapat pulau bernama Pulau Marisa. Di sana juga terdapat sumber air panas. Sebagai tujuan wisata, wilayah ini kaya potensi karena masih ada objek pendukung seperti air terjun hingga resort.

Asal-Usul menurut cerita, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan itu. Lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air.Sekeliling danau ditumbuhi berbagai tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakan Danau Ranau.

Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.Pada sisi lain di kaki gunung Seminung terdapat sumber air panas dari dasar danau. Di sekitar danau ini juga dapat ditemui air terjun Subik. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Marisa.Pulau Marisa sebenarnya daratan yang terpisah dari kaki Gunung Seminung karena genangan air danau. Di daratan yang luasnya tidak lebih dari satu hektar itu terdapat pohon-pohon kelapa, dan pengunjung bisa sekadar mampir untuk menikmati keindahan secuil daratan itu.

Rekomendasi Kunjungan :

Transportasi dari Bandar Lampung dapat menggunakan Bus ekonomi dari Terminal Rajabasa menuju Liwa dan Ranau.

Penginapan : Tersedia resort di Seminung Lumbok Resort, Wisma Perikanan  dan Homestay di Pekon Lumbok, Ranau.

Rumah Makan : Rumah Makan Gayun adalah salah satu yang dapat dikunjungi di Desa Lumbok Danau Ranau untuk mencicipi kuliner khas ikan air tawar Danau Ranau.  HP : 081997003020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *